Selain Ikan Salmon, Ini Dia 5 Bahan Makanan Yang Tinggi Akan Omega 3

Primaberita.com – Sobat Prima jangan lupa jaga terus Kesehatan ya Oh iya sobat Prima sudah tau makanan yang tinggi akan Omega 3 selain ikan salmon dan ikan kembung belum? Simak yuk sobat Prima. Di tengah padatnya aktivitas, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar tetap sehat dan bugar. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan dalam menunjang kesehatan adalah asupan omega 3, yang banyak ditemukan pada berbagai jenis ikan seperti salmon, tuna, ikan kembung, dan ikan sarden.
Omega 3 sendiri merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Asam lemak baik ini bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, memperlambat penumpukkan plak di dinding arteri, bahkan zat satu ini juga dipercaya dapat meningkatkan daya pikir serta menurunkan risiko demensia pada usia lanjut. Telah lama dikenal sebagai salah satu nutrisi yang terdapat pada ikan, ternyata beberapa makanan juga mengandung omega 3 yang tak kalah tinggi dari ikan. Penasaran?

Dilansir Reader’s digest, berikut kumparanFOOD rangkum lima bahan makanan tinggi omega 3 selain ikan:

1. Minyak kanola/canola

Selain tinggi akan kandungan lemak tak jenuh, minyak kanola juga mengandung omega 3 dalam kadar yang cukup tinggi. Dalam tiga sendok makan minyak kanola saja, terdapat sedikitnya 1.300 mg omega 3 yang sangat cukup untuk menunjang kebutuhan harian tubuh. Karena tingginya kandungan lemak tak jenuh dan omega 3, minyak kanola dapat dimanfaatkan untuk menjaga kestabilan berat badan serta menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

2. Telur

Selama ini telur dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan protein. Selain protein, ternyata telur juga mengandung omega 3 dalam kadar yang lumayan tinggi, lho.
Terutama pada telur dari ayam yang diberi pakan organik, dalam satu butir telur terkandung sekitar 115 mg omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan otak. Namun sebaiknya, selalu perhatikan cara mengolah telur agar kandungan omega 3 di dalamnya tak rusak.

3. Kacang kedelai

Untuk kamu para vegetarian, kacang kedelai dapat menjadi salah satu menu alternatif untuk mencukupi kebutuhan omega 3 harian. Dalam setengah cangkir kacang kedelai rebus, terdapat sekitar 300 mg asam lemak esensial omega 3. Selain itu, kedelai juga kaya akan protein dan serat yang baik bagi kesehatan pencernaan. Karena kombinasi antara omega 3, protein, dan serat di dalamnya, kacang kedelai dapat dimanfaatkan sebagai camilan sehat yang mengenyangkan.

4. Biji chia

Beberapa waktu belakangan ini, biji chia menjadi salah satu superfood populer yang sering dikombinasikan ke dalam berbagai dessert. Tak hanya kandungan serat, protein, vitamin, dan mineralnya saja yang membuat biji berwarna hitam ini begitu diminati, biji chia ternyata juga kaya akan omega 3 yang baik bagi kesehatan jantung dan otak.
Bahkan, kandungan omega 3 pada biji chia dipercaya lebih tinggi dibandingkan pada ikan, lho. Untuk mendapatkan manfaat omega 3 dari biji chia, kamu dapat mengolahnya bersama smoothie, yoghurt, oatmeal, puding, atau diolah menjadi kue kering.

5. Labu

Selain kedelai, buah labu juga kaya akan kandungan omega 3 yang ramah bagi vegetarian. Meski tak sebanyak bahan makanan lainnya, 50 mg omega 3 dalam satu cangkir labu sudah dapat membantu memenuhi kebutuhan omega 3 per harinya. Tak hanya itu saja, labu juga rendah lemak dan kalori sehingga sangat cocok disantap sebagai kudapan lezat nan menyehatkan.

Semoga bermanfaat untuk sobat Prima semua ya ! Kalau ada kritikan dan saran, boleh comment di bawah ya 😀 Biar kita sama-sama saling berbagi nih sobat Prima. hihihihi… 😀

Terimakasih !…

Add a Comment