Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Dalam Membeli Rumah

Primaberita.com –  Memasang target merupakan suatu pemicu semangat. Dengan adanya target hidup maka akan membuat hidup semakin bermakna dan memiliki tujuan. Salah satu target yang ingin dicapai kebanyakan orang adalah memiliki hunian pribadi atau membeli rumah.

Tentu ada banyak persiapan sebelum mewujudkan target tersebut. Seperti menyiapkan finansial dan mencari rumah tersebut. Untuk memilih rumah juga harus berhati-hati, karena rumah yang akan di huni sebaiknya memberikan kenyamanan bagi pemiliknya. Beberapa orang banyak melakukan kesalahan saat membeli rumah, terutama bagi yang belum memiliki pengalaman membeli rumah. Berikut beberapa contoh kesalahan yang sebaiknya jangan anda lakukan saat membeli rumah.

1. Tidak Mengamati Lingkungan Sekitar

Sebaiknya lakukan survey berulang-ulang dengan waktu yang berbeda-beda untuk mengetahui kondisi lingkungan sekitar. Karena lingkungan juga berpengaruh untuk kenyamanan. Pastikan daerah tersebut aman dan tidak rawan dari kriminalitas, bebas banjir, bebas macet, dan bersih. Kamu juga bisa menanyakan penduduk sekitar tentang kondisi lingkungan di daerah tersebut. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan.

2. Melupakan Biaya Tak Terduga

Saat ingin membeli rumah, selain menyiapkan biaya untuk rumah itu sendiri kamu juga harus menyiapkan biaya tak terduga. Seperti biaya notaris, biaya materai dan lainnya.

3. Mengambil KPR Dengan Jangka Waktu Tersingkat

Kamu juga harus berhati-hati dengan memutuskan jangka waktu cicilan rumah. Sesuaikan dengan penghasilanmu. Jangan memaksakan diri. Biasanya semakin singkat watku tenor cicilan maka semakin besar jumlah cicilan yang dikeluarkan per bulannya. Karena kita tidak meengetahui kondisi keuangan setiap harinya, biasa saja ada biaya tak terduga yang harus dikeluarkan, sementara penghasilanmu untuk membayar cicilan kpr. Sebaiknya kamu mengatur keuanganmu agar kebutuhan lain juga bisa terpenuhi.

4. Tidak Menghitung Pendapatan Dan Pengeluaran

Jangan sampai biaya cicilan rumah lebih besar dari pendapatan yang kamu miliki. Sebaiknya hitung dulu pendapatan yang kamu miliki dan pengeluaran pokok. Dari sisa perhitungan kamu dapat menentukan rumah seperti apa yang dapat kamu beli, dan berapa lama waktu cicilannya. Hal ini dilakukan agar kamu tidak terbebani.

5. Jangan Tertipu Dengan Penampilan Rumahnya Saja

Sebaiknya jangan melihat fisiknya saja, kamu juga harus menhetahui kondisi rumah, kondisi dalam rumah, sekitar rumah, legalitas rumah dan harga rumah tersebut.

Add a Comment