Tsunami Banten Banyak Telan Korban, Jokowi : Bancana Ini Diluar Dugaan

Primaberita.com – Presiden Jokowi menyebut tsunami Banten yang menelan korban tewas ratusan orang dan ribuan luka-luka di luar perkiraan BMKG. Hal itu lah yang ia katakan menjadi penyebab banyak nya korban jiwa.

“Kita telah melihat di lapangan dan tsunami di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, dan di tempat ini (Carita, Banten), dan juga di Lampung Selatan ini betul-betul di luar perkiraan dari BMKG.” ujar Jokowi.

“Karena sebelumnya biasanya itu ada gempa terlebih dahulu sehingga memang kita melihat kesiapan masyarakat, kesiapan yang baru berliburan, baik di Pantai Carita ini, juga di Pantai di Labuan, di Tanjung Lesung, di Sumur dan tidak memiliki untuk kesiapan untuk menghindar,” lanjut Jokowi.

Jokowi yang saat ini sedang meninjau daerah terdampak tsunami di Banten pun mengungkapkan belum dapat memeastikan penyebab dari tsunami yang terjadi di Selat Sunda. Jokowi meminta semua pihak tidak menyimpulkan terlebih dahulu dampak tsunami di Selat Sunda.

“Sekarang ini kan kita belum bisa menyimpulkan, kalau ini bukan dari gempa iya, tapi dari mana belum disimpulkan. Jadi jangan disimpulkan, jadi baru dicek semuanya.” tambah Jokowi.

“Ke depan saya perintahkan BMKG untuk membeli alat-alat deteksi early warning system yang bisa memberikan peringatan-peringatan dini kepada kita semua, kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa (waspada),” tutup Jokowi.

Add a Comment